INDOQQ-Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)

INDOQQ

Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)

INDOQQ-Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)


Perusahaan keuangan kelas dunia Mastercard mulai meluncurkan teknologi baru yang memungkinkan pelanggan pembayaran daring (online) melakukan swafoto (selfie) daripada memasukkan sebuah kata sandi (password). Demikian diwartakan oleh Business Insider pada 3 Oktober 2015.

Seperti pernah diisukan sebelumnya, teknologi yang disebut MasterCard Identity Check, akan memungkinkan seorang pembelanja untuk membayar dengan cara menempatkan jarinya pada sebuah alat pemindai di telepon cerdasnya, atau dengan cara swafoto untuk membuktikan identitas mereka.

Mastercard, seperti dilansir Telegraph mengatakan sistem ini bisa menyingkirkan kata sandi yang harus diingat oleh pelanggan saat berbelanja daring.

"Kami percaya bahwa keamanan merupakan salah satu penghalang yang menghambat perkembangan e-dagang (e-commerce), karena orang harus mengingat kata sandi dan karena ternyata hal itu tidak menyenangkan," Ajay Bhalla, presiden solusi keamanan perusahaan di MasterCard kepada CNN Money.

"Idenya adalah teknologi ini harus mengubah hidup kita, dan membuatnya sangat nyaman ketika berbelanja di situs e-dagang atau di telepon bergerak. Itulah yang sedang kami coba," lanjutnya.

Saat ini pelanggan Mastercard menggunakan sistem yang disebut SecureCode untuk memverifikasi identitas mereka saat berbelanja daring. Merka harus memasukkan kata sandi saat berbelanja.

Namun, kata sandi mudah terlupakan, dicuri atau dicegat, jadi beberapa organisasi keuangan dan perusahaan teknologi sedang mencoba menggunakan biometrik sebagai alternatif bentuk identifikasi.

Awal tahun ini, TIME.com mewartakan sebuah perusahaan teknologi Inggris meluncurkan kata sandi emoji pertama di dunia yang memungkinkan orang untuk masuk ke dalam akun perbankan mereka menggunakan empat karakter emoji, bukan empat digit PIN atau kata sandi.

"Pengenal wajah bukanlah barang baru, namun teknologi yang lama belum canggih. Kami harus yakin teknologi ini akan mudah digunakan oleh pelanggan," kata Bhalla seperti dikutip IndiaTimes.
INDOQQ-Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)


Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)


"Swafoto adalah hal yang keren. Jadi saya pikir itulah yang akan digunakan, namun kita ada di 220 negara, sehingga memberikan kesempatan kepada swafoto, kata sandi dan juga suara akan mengumpulkan berbagai pilihan di seluruh dunia," kata Bhalla.

Mastercard mengatakan bahwa salah satu tujuan MasterCard Identity Check adalah membantu meningkatkan penjualan eceran dengan cara menurunkan jumlah orang yang membatalkan belanja karena lupa kata sandi.

INDOQQ-Menurut sebuah penelitian terhadap 10,000 orang yang dilakukan oleh Mastercard dan dilaksanakan oleh Norstat, sebanyak 53 persen pembelanja lupa kata sandi yang penting lebih dari sekali dalam sepekan, menghilangkan waktu rata-rata 10 menit untuk mengatur ulang akun mereka.

Sebagai akibatnya, lebih dari sepertiga orang membatalkan pembelian daring, sementara 6 dari 10 orang kehilangan transaksi karena kehabisan waktu misalnya saat membeli tiket konser yang terbatas jumlahnya.


"Lebih dari 50 persen membatalkan transaksi saat mereka berada di halaman pembayaran. Ini bisa disebabkan karena banyak hal, namun alasan yang paling sering adalah karena mereka merasa tidak nyaman, mereka tidak bisa mengingat kata sandi, saat mereka berhasil mengingat kata sandi itu, halaman pembayaran sudah lenyap, mereka harus mengulangi dari awal, dan di situlah banyak pelanggan yang membatalkan pembelian," kata Bhalla kepada BusinessInsider.

Lebih dari setengah orang menginginkan kata sandi diganti dengan sesuatu yang lebih nyaman. Rata-rata orang harus memasukkan delapan kata sandi per hari untuk lebih dari 10 akun daring yang berbeda-beda atau aplikasi yang mereka gunakan secara teratur setiap pekan.

Lebih dari satu di antara lima orang menggunakan kata sandi yang sama untuk semua jenis akun, sementara itu 58 persen menggunakan variasi yang sedikit berbeda meskipun telah ada peringatan bahaya yang mereka hadapi.


MasterCard Identity Check akan tersedia di Amerika Serikat pada pertengahan 2016, dan kemudian menyebar ke seluruh dunia pada 2017.


INDOQQ-Swafoto mungkin akan menggantikan kata sandi (password)

Previous
Next Post »